Cara Membuat Blog

Menggunakan Fasilitas di Kampus


Posted by Fernando M on November 17, 2022

Menurut Wikipedia weblog termasuk salah satu jenis website yang memuat tulisan dengan berbagai topik. Biasanya, tulisan (yang kita sebut dengan postingan) ditampilkan dalam kronologi terbalik. Weblog akan menampilkan postingan terbaru, yang kemudian disusul oleh postingan lama.

Bentuknya juga beragam, dapat berupa situs berita sampai situs pembelajaran. Biasanya terdapat teks, gambar, video, dan halaman lainnya di dalam weblog ini. Pembaca dapat berkomentar secara viirtual dengan penulis weblog ini.

Lalu, apa bedanya dengan Website?

Hal pertama yang membedakan weblog dengan website adalah adanya kolom komentar bagi pembaca. Hal ini menyebabkan terjadinya komunikasi dua arah antara pembaca dan penulis. Sementara website tidak memiliki kolom komentar sama sekali.

Lalu, blog bersifat dinamis karena adanya update konten berkala dari pemilik web tersebut, sedangkan website umumnya bersifat statis, dimana halaman-halaman di dalamnya jarang diperbarui, seperti halaman Informasi Produk dan Tentang Kami.

Pembeda lainnya adalah terdapat nama penulis, tanggal postingan, dan kategori konten pada blog, sedangkan di website tidak dapat ditemukan ketiga hal tersebut.

Membuat Blog Pribadi

Dengan fasilitas web student yang disediakan oleh kampus PENS, mahasiswa tidak perlu repot-repot dalam mencari dan memilih cloud hosting. Mahasiswa dapat dengan mudah mengupload karya mereka dalam bentuk web/blog.

Lalu, bagaimana cara-cara membuat dan meng-upload web sendiri? Mari kita bahas.

Langkah Awal

Sebelum membuat folder baru, ada baiknya memikirkan terlebih dahulu website atau blog seperti apa yang ingin kita buat, termasuk desainnya. Gunakan aplikasi yang mumpuni, seperti Visual Studio Code.

Type karakter seru (!) untuk memudahkanmu memulai coding-anmu jika kamu menggunakan Visual Studio Code.

Coding Time

Gunakan CSS untuk membuat tampilan blog-mu lebih menarik. Juga tambahkan JavaScript untuk membuat tampilan blogmu animatif. Kamu bisa belajar dari internet untuk panduannya, atau mengggunakan Bootstrap.

Waktunya Mengunggah Blog

Setelah selesai dengan coding, waktunya memasukkan semua aset-asetmu kedalam satu folder untuk diunggah. Jangan lupa, file HTML utamamu harus bernama "index.html" untuk memudahkan akses blogmu nanti.

Buka web.student.pens.ac.id, lalu pilih daftar untuk login ke akunmu. Setelah login, unggah foldermu.

Kamu bisa mengakses blogmu dengan masuk ke web student kembali tanpa login, lalu cari akunmu dan klik.